Rabu, 01 Desember 2010

Mengenali Khasiat Tanaman Berdasarkan Bentuknya

Tak ada satu pun di antara ciptaanNya di muka bumi ini yang sia-sia. Bahkan seekor kecoa, tercipta untuk melengkapi dan menyempurnakan sebuah ekosistem. Bagaimana pula dengan tanaman?

Sejak jaman nenek moyang, berbagai jenis tanaman telah dikenali sebagai apotik hidup alias obat segar. Ada yang harus diproses lebih dulu sebelum dijadikan obat, banyak pula yang bisa langsung disantap saja secara utuh tanpa melalui proses lainnya.

Terlepas dari apa dan bagaimanapun prosesnya, sesungguhnya kita bisa langsung mengenali khasiat dan kegunaan masing-masing tanaman hanya melalui bentuk fisik tanaman tersebut. Misalnya, tauge alias kecambah, bentuk fisiknya yang mirip embrio kodok atau dekat dengan imej fisik sperma yang dilihat secara mikroskopik... maka sayuran yang berasal dari butiran kacang hijau ini berkhasiat meningkatkan sumber daya sel telur dan secara umum pula masyarakat kita sudah memakluminya sebagai salah satu penunjang kesuburan.

Begitu pula sayuran brokoli. Sayuran hijau berambut kribo ini sangat kukuh dan tegas batang per batangnya. Ternyata, ia memang sumber zat yang bisa menjaga keutuhan tulang dan menghindarkan kita dari berbagai keluhan osteoporosis jika rajin mengkonsumsinya.

Bagaimana pula dengan kacang merah? Sumber protein tinggi ini ternyata sangat membantu pula dalam menguatkan ginjal dan menjadikannya lebih sehat sebagaimana bentuk fisiknya yang memang mirip dengan ginjal.

Selain pada tanaman dan sayuran, kita juga bisa melihat kemiripan anatomi tubuh kita pada berbagai jenis buah-buahan. Buah pisang misalnya, yang secara anatomis sangat mirip dengan alat kelamin pria, ternyata didalamnya memang mengandung banyak jenis energi yang menakjubkan, khususnya pisang ambon. Buah yang satu ini sangat aman dimakan dalam berbagai situasi.

Sepertinya asyik juga ya mengamati bentuk-bentuk buah dan sayuran... ^=^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.