Sabtu, 11 Desember 2010

Apa Itu Nikah Siri?

Akhir-akhir ini fenomena nikah siri begitu santer diberitakan. Hal ini terkait dengan semakin banyaknya orang yang memilih menikah secara siri namun tidak mengetahui secara pasti apa itu nikah siri. Kebanyakan dari oaring yang memilih nikah siri memiliki alasan sebagai jalan pintas untuk melegalkan sutu hubungan suami istri tanpa mengetahui bagaimana syarat dan rukun nikah yang harus ditunaikan. Hal ini yang memicu munculnya kegelisahan dari pemerintah dan banyak pihak tentang nikah siri. Lantas sebenarnya apa itu nikah siri. Apakah pernikahan yang dilakukan secara siri ini sah secara agama atau bagaimana. hal-hal inilah yang akan dibahas secara lebih lanjut.

Ada berbagai pengertian apa itu nikah siri yang berkembang di masyarakat. Definisi pertama, ada sebagian orang yang memaknai pernikahan siri sebagai pernikahan tanpa wali. Pernikahan semacam ini dilakukan secara rahasia atau siri karena pihak perempuan yaitu walinya tidak menyetujui hubungan tersebut. Selain itu, ada juga pihak yang menganggap pernikahan tanpa wali sah untuk dilakukan. Ada juga yang beranggapan bahwa untuk memuaskan hawa nafsu syahwat, orang melegalkan hubungan suami istri tanpa memperdulikan ketentuan syariat agama. Sedangkan definisi kedua, pernikahan siri adalah pernikahan yang memenuhi ketentuan syariat agama namun tidak dicatatkan ke dalam lembaga negara. Hal ini berkaitan dengan berbagai faktor yang menjadi penyebabnya diantaranya adanya faktor biaya. Dari kedua definisi tersebut, lantas apa itu nikah siri yang sebenarnya dan yang sah menurut agama.

Apa itu nikah siri menurut definisi pertama lebih menekankan pada keinginan pribadi untuk melegalkan suatu hubungan tanpa memenuhi syarat dan ketentuan syariat. Bila pernikahan ini berlangsung, maka pernikahan tersebut tidak sah secara agama karena pernikahan tersebut tidak memenuhi syarat sah dan rukun pernikahan secara agama. Pernikahan tanpa adanya wali berarti tidak memenuhi syarat sah suatu pernikahan secara agama. Dan Islam melarang pernikahan tanpa wali. Sehingga pengertian apa itu nikah siri menurut definisi pertama yaitu pernikahan tanpa wali ini kurang tepat dan tidak sah secara agama.
Sedangkan pengertian apa itu nikah siri versi kedua yaitu pernikahan yang dilakukan dengan memenuhi syarat dan ketentuan agama namun tidak mencatatkannya ke dalam lembaga pencatatan negara, maka pernikahan dianggap sah secara agama. Dan pelaku pada pernikahan tersebut tidak boleh dianggap telah melakukan suatu kemaksiatan sehingga tidak berhak untuk dijatuhi suatu sanksi hukum. Sehingga pernikahan yang dilakukan sesuai syariat agama namun tidak dicatatkan ke lembaga pencatatan negara tidak boleh dianggap sebagai suatu tindakan kriminal. Adapun yang terkait dengan hukum tidak mencatatkan pernikahan tersebut ke dalam lembaga pencatatan negara, hal ini bisa dilihat dari faktor yang menjadi penyebab berlangsungnya pernikahan siri tersebut.

Dengan mengetahui apa itu nikah siri dalam kaidah agama Islam, hendaknya orang bisa lebih berhat-hati ketika memutuskan untuk menikah. Pernikahan bukan hal yang sepele apalagi hanya sebagai legalitas hubungan laki-laki dan perempuan. Setiap orang hendaknya juga memahami betul apa itu nikah siri sehingga dalam praktek di lapangannya tidak lagi salah penafsiran. Demikian juga pihak negara, hendaknya tidak begitu saja menganggap pernikahan siri suatu hal yang kriminal. Seyogyanya hal ini bisa ditinjau dan dikaji lebih jauh lagi sehingga tidak ada ketimpangan makna apa itu nikah siri yang sebenarnya. Dengan demikian, masyarakat yang merupakan bagian dari agama dan negara bisa merasa nyaman dalam melakukan apa yang menjadi keyakinannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.